Kamis, 19 Januari 2012

Program Studi Program Pascasarjana UNY

PPS UNY menawarkan 14 prodi yang terdiri dari 11 prodi berjenjang S2 dan 3 prodi berjenjang S3. Hampir seluruh prodi yang ada terkait dengan bidang pendidikan. Hal ini menunjukkan kepedulian PPS UNY dalam bidang pendidikan. Dari 14 prodi tersebut, prodi S2 MP, PLS, PIPS, PTK, dan Prodi S3 PEP dan PTK telah mendapatkan akreditasi A (Unggul).

PRODI BERJENJANG S3

1. Penelitian dan Evaluasi Pendidikan* (PEP)

Lulusan Prodi ini diarahkan untuk dapat memiliki Kompetensi dalam pengembangan dan penerapan metodologi asesmen, evaluasi dan penelitian pendidikan.

2. Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (PTK)

Kurikulum prodi ini dirancang agar dapat menghasilkan luluan yang kompeten dalam mengembangkan pendidikan teknologi dan kejuruan, vokasi dan profesi yang berwawasan global.

3. Ilmu Pendidikan (IP)

Lulusan prodi ini dirancang untuk memiliki kompetensi dalam berbagai teori pendidikan guna melakukan analisis kritis terhadap kebijakan pendidikan dan persekolahan.

4. Manajemen Pendidikan (MP)

Lulusan prodi ini akan menghasilkan sarjana paripurna yang memiliki integritas dan kemampuan yang tinggi dalam menciptakan berbagai gagasan baru, dan juga menghasilkan peneliti yang profesional dan andal dalam memecahkan berbagai permasalahan sosial. Para lulusan ini bukan saja potensial sebagai pemasok gagasan dan informasi, konsep, teori, dan metodologi, tetapi juga mampu berperan aktif dalam pembangunan, terutama sektor Manajemen Pendidikan.

5. Ilmu Pendidikan Bahasa (IPB )


Penyelenggaraan program studi ini dirancang untuk (1) menghasilkan lulusan yang bermutu, yang memiliki kemampuan meneliti dan mengembangkan konsep-konsep baru dalam bidang kebijakan dan pengelolaan pendidikan bahasa nasional, bahasa daerah, atau bahasa asing, serta mampu mengimplementasikannya secara profesional dalam berbagai lembaga pendidikan tingkat lokal, nasional, regional, atau internasional; dan (2) meningkatkan perkembangan ilmu pendidikan bahasa.


PRODI BERJENJANG S2

1. Penelitian dan Evaluasi Pendidikan* (M. Pd)
Kurikulum prodi ini dirancang untuk menyiapan magister yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan metodologi dan melakukan penelitian dan evaluasi berbagai kebijakan pendidikan, merancang instrumen penelitian dan evaluasi sesuai kebutuhan, dan melakukan analisis yang sahih menggunakan statistik.

2. Pendidikan Teknologi dan Kejuruan* (M. Pd)
Lulusan prodi ini diharapkan memiliki kemampuan merancang dan mengelola kurukulum pendidikan teknologi dan kejuruan yang efektif dalam ranah pengembangan dan pengelolaan diklat atau kewirausahaan. Pemahaman akan teknologi informasi dan komunikasi dan pemrograman komputer akan mempertajam kemampuan merancang kurikulum PTK yang ditekuni.

Interdisipliner:
a. konsentrasi diklat kejuruan
b. Konsentrasi Pendidikan Kewirausahaan
c. Konsentrasi ICT

Monodisipliner:
a. Pendidikan Teknik Mesin
b. Pendidikan Teknik Otomotif
c. Pendidikan Teknik Listrik
d. Pendidikan Teknik Elektronika
e. Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
f. Pendidikan Teknik Informatika
g. Pendidikan Teknik Boga
h. Pendidikan Teknik Busana

3. Manajemen Pendidikan* (M. Pd)
Tujuan utama prodi ini adalah memproduksi lulusan yang memiliki kompetensi dan profesionalisme dalam mengelola pendidikan tinggi maupun menengah yang berkualitas. Pemahaman dan ketrampilan melakukan manajemen strategik, manajemen mutu terpadu, manajemen kurikulum dan pembelajaran, manajemen berbasis sekolah merupakan beberapa di antara pengetahuan dan ketrampilan yang digarap selama perkuliahan.

4. Pendidikan Luar Sekolah (M. Pd)
Prodi ini mengantarkan lulusan agar memiliki kompetensi untuk mengelola SDM melalui jalur pendidikan luar sekolah dan pendidikan informal yang efektif. Teori-teori pengembangan masyarakat, manajemen sumber daya manusia dan pengelolaan pendidikan luar sekolah merupakan inti dari kurikulum yang ditawarkan.

5. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial* (M. Pd)
Lulusan prodi ini dirancang untuk memiliki perspektif lokal-global dan untuk benar-benar memahami interaksi manusia dengan lingkungannya sehingga mampu mengembangkan kurikulum IPS terpadu yang efektif dalam rangka pengembangan SDM Indonesia.

6. Linguistik Terapan (M. Hum)
Kurikulum prodi ini dirancang untuk memproduksi lulusan yang kompeten dalam melakukan berbagai pengkajian bahasa yang diperlukan dalam pembelajaran bahasa atau penerjemahan.

7. Teknologi Pembelajaran (M.Pd)
Lulusan prodi ini dirancang untuk memiliki kompetensi dalam pengembangan teknologi pembelajaran dan pengembangan multimedia pembelajaran berbasis komputer. Pengembangan web pembelajaran berbasis internet juga diperkenalkan sebagai mata kuliah pilihan.

8. Pendidikan Sains (M. Pd. Si)
Kurikulum prodi ini dirancang agar lulusan memiliki kemampuan untuk mengembangkan pembelajaran sains yang menyenangkan dan efektif. Lulusan juga dibekali dengan ketrampilan pembelajaran sains yang dicapai melalui praktikum-praktikum. Mulai tahun Akademik 2010/2011 PPs UNY membuka 4 konsentrasi dalam Prodi Pendidikan Sains (S2), 4 konsentrasi tersebut adalah:
a. Pendidikan Biologi
b. Pendidikan Fisika
c. Pendidikan Kimia
d. Pendidikan Sains

9. Pendidikan Matematika (M. Pd. Si)
Kurikulum prodi ini dirancang agar lulusan memiliki kemampuan untuk mengembangkan pembelajaran matematika yang menyenangkan dan efektif. Lulusan juga dibekali dengan ketrampilan pembelajaran matematika yang dicapai melalui praktikum-praktikum.

10. Pendidikan Ilmu Keolahragaan (M. Kor)

Prodi ini merancang kurikulum untuk menghasilkan lulusan yang memiliki komitmen yang tinggi pada potensi olahraga sebagai wahana pengembang prestasi olah raga dan kualitas manusia Indonesia.

11. Pendidikan Dasar (M. Pd)
Prodi ini merancang kurikulum agar menghasilkan lulusan yang kompeten dalam mengembangkan kurikulum pendidikan dasar pada umumnya serta dalam konsentrasi-konsentrasi bahasa Indonesia, sains, matematika dan IPS.

*) terakreditasi unggul

Sumber : http://pps.uny.ac.id/index.php?pilih=hal&id=6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar