Kamis, 19 Januari 2012

Pertanyaan tentang Fungsi Bahasa (Linguistik Umum)


Soal
1.     Buatlah contoh masing-masing fungsi bahasa menurut Jacobson!
2.     Pelajari fungsi bahasa menurut Dell Hymes, kemudian bandingkan dengan fungsi bahasa menurut Jacobson. Adakah persamaan dan perbedaannya? Uraikan!

Jawab
1.      Contoh masing-masing fungsi bahasa menurut Jacobson;
a.    Fungsi Emotif: Rina baru saja diputuskan oleh pacarnya tanpa sebab yang jelas. Rina menceritakan keluh kesahnya kepada sahabatnya, Ranti.
Pada contoh tersebut, Rina menggunakan bahasa untuk mengungkapkan perasaan sedihnya. Dalam hal ini, tumpuannya terdapt pada si penutur (addresser).
b.    Fungsi Referensial: Nek Ijah senang mendongengkan cucunya sebelum tidur, malam itu ia mendongeng tentang sifat durhaka seorang anak yang bernama Malin Kundang.
Pada contoh di atas, si Nenek membicarakan tentang Malin Kundang dengan topik tentang sifatnya yang durhaka.
c.      Fungsi Puitik: Sinta sering bolos sekolah. Hal itu diketahui oleh Andi, sahabatnya. Andi kemudian menasehati Sinta agar tidak membolos lagi.
Pada contoh tersebut, Andi menggunakan bahasa untuk menyampaikan pesan kepada Sinta. Dalam hal ini, tumpuannya terdapat pada pesan (message) yang disampaikan.
d.     Fungsi Fatik: Dona duduk sendirian di taman kampus. Tiba-tiba Doni lewat dan melihat Dona sendirian. Doni pun berucap “Hai, sendirian aja?”
Kata-kata Doni sebenarnya hanyalah untuk mengadakan kontak dengan Dona.
e.    Fungsi Metalingual: Rini menjelaskan tentang kosakata-kosakata bahasa Mandarin kepada adiknya, Nora. Rini menjelaskan dengan bahasa Indonesia.
Dalam hal ini, bahasa Indonesia dipakai untuk membicarakan bahasa lain.
f.     Fungsi Konatif: Pak Guru menyuruh salah seorang siswanya untuk menghapus papan tulis.
Pada contoh di atas, yang menjadi tumpuan adala lawan tutur. Pak Guru memerintahkan, kemudian siswa bertindak sesuai dengan apa yang diperintahkan.




2.    Perbandingan fungsi bahasa menurut Jacobson dengan Dell Hymes;
Kedua tokoh ini mengungkapkan beberapa fungsi bahasa dengan rincian yang berbeda. Jacobson cenderung lebih singkat dengan delapan fungsi bahasa yang dikemukakan. Sementara Hymes juga memiliki beberapa fungsi yang sama denan Jacobson, tetapi ada beberapa tambahan yang lebih spesifik dari pendapatnya. Oleh karena itu, ntuk memudahkan bias dibedakan kepada persamaan dan perbedaan ide yang disampaikan oleh kedua tokoh ini.

a.      Persamaan
·        Jacobson dan Hymes mengungkapkan bahwa bahasa berfungsi sebagai sarana untuk mengungkapkan perasaan penutur. Jacobson menamakan fungsi ini sebagai fungsi emotif karena bahasa digunakan untuk mewakili emosi penutur (Jacobson point 1, Hymes  point 6).
·        Salah satu fungsi dari kedua pendapat sepakat bahwa aspek bahasa ada pada lawan tutur (Jacobson point 6, Hymes point 5).
·        Fungsi metalingual yang diungkapkan Jacobson juga dikemukakan Hymes pada point 11. Hymes mengemukakan bahwa bahasa berfungsi untuk menguraikan bentuk-bentuk bahasa.
·        Kedua tokoh ini juga sepakat bahwa bahasa berfungsi sebagai alat kontak sosial dalam bentuk bertegur sapa, mengucapkan salam dll. Jacobson menamakan fungsi ini sebagai fungsi fatik.
b.      Perbedaan
·        Hymes mengutarakan fungsi bahasa sebagai sarana penyesuaian diri dengan norma-norma sosial dengan pengaplikasiannya dalam menulis berbagai jenis surat, Jacobson tidak mengemukakan fungsi ini.
·        Hymes memilah fungsi bahasa sebagai pengungkapan perasaan menjadi 2 point yang berbeda, yaitu untuk menyampaikan pengalaman tentang keindahan, keagungan, keluhuran atau hal yang baik-baik dan untuk menyampaikan perasaan secara umum. Hal ini berbeda dengan Jacobson yang hanya mengemukakan satu point tersebut dengan fungsi emotif.
·        Hymes juga menambahkan dua point yang tidak ada dalam pendapat Jacobson tentang fungsi bahasa untuk mengindarkan diri dengan pengungkapan keberatan dan fungsi bahasa sebagai pengungkapan perilaku performatif.
·        Jacobson memakai fungsi bahasa terbatas untuk membicarakan bahasa itu sendiri atau bahasa lain, sementara Hymes melebarkan fungsi tersebut dengan mengutarakan fungsi bahasa juga untuk membicarakan ilmu pengetahuan yang lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar