Sabtu, 14 Januari 2012

Kumpulan Puisi Siswa SMK N 6 Yogyakarta (KKN 2010)


SEBATAS MIMPI

Dunia ini terasa indah
Aku hidup dengan kasih sayang
Walau itu hanya sebatas mimpi
Semua yang kau berikan kepadaku
Setiap detik, waktu dan hari terlalu
Tiada kata yang terucap
Mengeluh kepadaku
Untukku dan berhenti memberikan kasih
Kau bagaikan malaikat
Yang dikirim pencipta untuk menjagaku
Kasih sayang setulus hatimu
Yang hanya sebatas mimpi
Dalam hidupku




                                                                                     Diah Yuniarsih K.
                                                                                     X Akomodasi Perhotelan 2

WAKTU BERJALAN

Waktu Berjalan
Ku buka jendela
Ku dapati kehidupan yang berbeda
Kuamati perlahan...

Tak lagi menumbuk beras
Tapi kau menggilingnya
Tak lagi berjalan
Tapi kau terbang menembus awan
Rumahmu tak lagi bambu
Tetapi gedung setinggi awan

Waktu terus berjalan...
Tak ada kebudayaan
Tak ada keperdulian
Tak ada uluran tangan
Semua hilang ditelan zaman




                                                                                     Karina Isnaini Putri
                                                                                     XI Jasa Boga 3

KASIHKU

Taukah...
Di hari yang sirna kumencari demi cinta
Tak bertemu jua hingga aku merana
Waktu terus berlalu aku masih menunggu
Meski merana selalu kucari sampai bertemu

Taukah...
Ketika kau datang kehampaan tlah menghilang
Saat kau pergi kehampaan menghampiri
Kau disini diriku pastikan tenang
Aku berharap dirimu kan slalu kembali

Kasihku...Kuharap kau kembali
Kasihku ...Ku slalu menanti
Cintamulah yang menemaniku
Selamanya takkan pernah berlalu

Di dunia ini dalam hati
Adakah seorang ysng cintaimu
Sebesar aku mencintaimu
Yang setia sampai mati

Karena akulah kekasih yang mencintai apa adanya...

Ari Setyawati
X Busana Butik 2
ASA

Aku menyusuri lorong demi lorong
Untuk mencari sepercik cahaya
Bercahaya itu adalah asa

Aku mencoba melangkah maju
Langka demi langkah di hidupku
Karena mimpiku adalah harapanku

Asa..
Mimpi...
Dan Doa...
Menjadi satu dalam sukmaku...
Menggetarkan hati untuk melangkah maju...
Demi masa depan dan cita-citaku




Yayah Nuraeni
XI Jasa Boga 3


IBU

Ibu..
Dalam hidup ini...
 Kau adalah sosok yang ku idolakan
Sosok yang amat sangat ku kagumi

Ibu...
Banyak hal yang tlah kau ajarkan padaku...
Kau ajarkan apa itu kasih sayang,
Kau ajarkan aku apa arti kesabaran,
Kau ajarkan aku apa arti pengorbanan,
Dan kau ajarkan aku makna hidup sesungguhnya.

Ibu...
Kau sangat berarti bagiku
Tanpamu aku tak akan terlahir ke dunia ini
Tanpamu aku tak akan mengerti apa-apa
Dan tanpamu ku tak akan bisa seperti ini

Ibu...
Aku tak tahu,
Apakah aku akan mampu bila kehilanganmu
Saat kau memejamkan matamu, aku takut...
Takut bila kau tak akan kembali,..
Kembali memelukku...
Kembali menasehatiku...
Dan kembali mendidikku dengan kasih sayang..
Ya Allah...
Aku tahu,...
Suatu saat nanti kau pasti akan mengambil ibuku,
Tapi sebelum itu... Aku mohon, Ya Allah...
Izinkanlah aku untuk membahagiakannya terlebih dahulu...
Izinkanlah aku tuk membalas apa telah ia berikan padaku...
Walaupun aku tahu semua itu tak mungkin terbalaskan...
Tapi setidaknya aku memberikan sesuatu yang bisa kuberikan
Untuknya... Untuk sang idolaku dan untuk sosok yang kukagumi itu.




Fita Ardiyana
X Busana Butik 2





DARI INDONESIA, UNTUK INDONESIA

Hari ini 17 Agustus 2010
Namamu bergelora di seluruh negeri
Putra-Putri terbaik bangsa, mempersembahkan
Yang terbaik untuk Indonesia

Dari mata sang Garuda
Kokoh dan gagah Merah putih berkibar
Rasa cinta tanah air yang tiada henti, dan...
Senyuman para penerus bangsa, menghiasi..
Pemandangan indah langit Indonesia

Sungguh...bangga hatiku melihatnya hari ini
Namun di lubuk hatiku terdalam, aku menangis
Melihat kehidupan di negeri ini
Kejahatan, kemiskinan, dan korupsi, menjadi
Menu kita sehari-hari

Para penerus bangsa dibiarkan mati
Mengenaskan kelaparan
Sedangkan para pemimpin mereka, berfoya-foya
Menikmati hasil keringat para rakyatnya

Pernahkah kita bertanya-tanya
Apa yang pemimpin kita lakukan
Di gedung mewah ibukota
Mengabdi dengan tulus pada Negrinya, atau hanya
Tidur dan berfoya-foya
Sehingga jeritan para rakyatnya pun tidak terdengar oleh hati mereka

Indonesia...
Di hadapan sang merah putih, rakyatmu
Menyerukan namamu
Buatlah mereka tersenyum bangga
Melihat sang garuda terbang merajai
Langit dunia bersama kokoh dan gagahnya
Merah-putih tercinta                                                     




Wiwid Nugrahanti
XI Busana Butik 2

HARAPAN BANGSA

Fajar menyongsong
Peluru berlarian dari larasnya
Gentar tiada bengong
Tebang bambu potong ujungnya

Tiada gentar melawan berharap tuk menang
Sekalipun hanya bambu
Tetap dwi warna
Berkibar di dada

Tuhan,
Dengarkan doa kami
Dengarkan asa kami
Hanya itu harapan kami

Diri ini tak gentar mempertahankan
Jiwa raga kami pertaruhkan
Hanya satu yang kami harapkan
Indonesia merdeka dari penjajahan




Nisa Candra G
X Jasa Boga 3


CINTA YANG T’LAH TIADA

Bila Cinta ini harus slalu bersamamu
Diri ini kan slalu menjaganya
Tak kan kubiarkan cinta itu sendiri
Dalam gelap hati yang sepi

Rasa cinta ini selalu ada di hati
Tapi mengapa kau terus sakiti
Tanpa berpikir perasaanku
Yang hingga kinin masih harapkanmu

Aku kan slalu mencintai
Orang yang juga mencintaiku
Aku kan slalu jadi yang terbaik
Untuk orang yang bisa mengerti aku

Kini...
Hanya doa yang bisa ku beri
Hanya sakit yang kurasa
Setelah hati ini kau sakiti dan kau tinggal pergi

Aku ingin kau slalu ada untukku
Namun, apa daya kau telah pergi
Jauh tinggalkanku di tempat itu
Tak ingin rasanya ku hapus cinta ini

Kini semua telah berakhir
Hati yang dulu sepi ingin bangkit lagi
Bila kau jauh disana, ku slalu doakan kau
Semoga kau bahagia disampingnya

“Tuhan, jangan kau biarkan dia tersakiti oleh keputusanku ini. Jangan biarkan dia bersedih, dekaplah dia, peluklah dia agar tak terasa sepi, dan tersakiti saat ku tak ada di sampingnya.

“Bila kau tercipta kembali, hadir di dalam sela-sela hidupku, bila kau telah sirna untuk slamanya ku berharap kau hadir dalam mimpiku.




Mellyana sari
X Busana Butik 3

DOA UNTUK ANAKKU

Anakku
Gapailah angan-anganmu
Tegarkan hatimu untuk masa depanmu
Dan acuhkanlah hinaan teman-temanmu

Hanya karena kami seperti ini
Berpangku tangan di sepanjang jalanan ini
Berpura-pura pucat pasi
Hanya karena untuk sesuap nasi

Anakku
Maafkanlah kami
Janganlah engkau meniru perbuatan kami
Kami memang hina
Hina di hadapan raut wajahmu ini

Kami akan berusaha
Berusaha walau kami seperti ini
Kami takkan menjadikanmu seperti kami
Kebodohan yang menyelimuti kami
Kehinaan yang menjadi taman kami



Bangkit Safuntina
XI Busana Butik 3

LUKAKU

Panas terik matahari menusuk hatiku
Lelah penat mengiringi langkahku
Hatiku beku atas kepergianmu
Yang kini tak ada lagi di sini…

Kepergianmu membawa luka di hatiku
yang dulu luluh oleh sikapmu
mengapa hanya sekejap ku dapat memilikimu…
yang sangat berarti untukku

Tahukah dirimu di sini ku terluka
Kecewa atas masa itu
Di saat kau pergi tuk selamanya
Meninggalkan semua kenangan dan kisah yang terjalin…
Antara kita berdua…

Ingin kuputar kembali waktu
Di mana kita bias bersama
Dan takkan kubiarkan kau pergi
Meninggalkanku tuk selamanya

Kuingin kau hadir kembali
Membawa kisah baru untukku
Yang kini kesepian karnamu
Telah pergi meninggalkanku

Intan Devi S.
                                                                                     X Busana Butik 2
BUNDA

Engkau adalah seorang wanita ....
Yang amat sangat luar biasa ....
Engkau adalah seorang pahlawan bagiku ....
Jasa dan pengorbananmu ....
Tak akan terlupakan di mataku ....
Aku tak tau ... bagaimana ....
Aku dapat membalas budimu ....

Bunda ....
Engkau begitu kuat dan tegar ....
Sembilan bulan kau mengandung ....
Sembilan bulan kau menunggu ....

Kini aku telah beranjak dewasa ....
Dahulu kau membesarkanku ....
Dengan penuh kasih sayang ....
Perhatianmu, kasih sayangmu dan waktumu ....
Kau limpahkan padaku ....

Bunda ....
Aku kagum padamu ....
Kau adalah wanita suci bagiku ....
Yang tak akan pernah terganti ....


           Upik Hartati
           X Busana Butik 1

FORMULAKU UNTUK MENGENAL DIRI

Aku tak mampu terbang tinggi di udara seperti halnya burung yang beerkeliaraan bebas tanpa beban dan masalah.
Tapi, aku dapat berdiri di daratan dengan memikul sejuta bebanku dan tegak menghadapi hari esok.
Aku juga dapat mengalir bebas walaupun sejuta karang ada di hadapanku
Karna, aku bukan air yang berhenti karna tersumbat oleh karang
Aku dapat berenang bebas walaupun para pemangsa di depan mata
Karna, aku bukan ikan kecil yang dapat termakan dengan mudahnya oleh ikan yang lebih besar
Jika seandainya pun aku harus berdiri di atas karang, keseimbangan itu tidak jauh dariku, walau aku bukan burung, air, ataupun ikan aku memiliki keseimbangan seperti sayap, dan ketenangan seperti air juga ikan.

Berdirinya aku seperti halnya ditopang oleh elemen-elemen itu yang berbisik di setiap harinya,
Lalu membangun partikel demi partikel hingga tersusun menjadi tetesan keberanian untukku.


                                                                                                                       

Fitrah Fasyanabilla L.
X Usaha Perjalanan Wisata

SAHABAT BOGAKU

Aku jasa boga
Sahabatku sayuran dan bumbu-bumbu
Segala kebutuhanku tertuang padamu
Kau begitu tahu apa yang ku mau
Kau mengerti apa yang ku kehendaki
                           
Rasaku .... Rasamu
Enakku .... Enakmu

Saat kuingin pedas, chiliku datang menemuiku
Saat kuingin gurih, union menemaniku
Garlic, salt, tomato, potato ... mereka juga sahabatku ....
Mereka selalu bersama, mengabdikan diri
Mengorbankan diri
Mereka seakan berkata “Ini wujud pengabdianku, atas perintah Allah bawalah aku menjadi hidangan yang lezat untuk kaummu. Aku rela jika kau iris-iris, kau goreng, dan kau rebus demi cita rasa yang lezat.”

Kupandangi satu demi satu sahabat-sahabatku
Chili, union, garlic, dan lainnya
Mereka seakan siap berjuang dalam medan pergulatan
Demi perut manusia
Itukah takdirmu ....
Aku tak akan melupakan jasa kalian
Karena kalian, manusia bisa menikmati hidup sekali lagi dan sekali lagi
                           
Kalian memang sahabatku
Sahabat bogaku ....




Nuarza Riskyta Purnama
X Jasa Boga 1

RAMADHAN

Kau bulan yang suci..
Kau bulan yang penuh rahmat..
Kau bulan penuh nikmat..

Terimakasihku padaMu, Ya Allah
Engakau izinkan aku memasuki
Bulan yang mulia ini…
Engkau izinkan aku merasakan
Besarnya rahmatMu..

Engkau izinkan aku melihat
Indahnya karuniaMu..
Engkau izinkan aku mendapat syafaatMu..
Ramadhan…
Kau bulan penuh ampunan…

                                               


Imas Intan N.
                                                                                     XI Busana Butik 1

IBU GURUKU

Tanpa ilmu kami datang
Menghampirimu dalam sunyinya pagi
Persiapkan hati untuk terima ilmu darimu
Dan mendengarkan nasihatmu

Oh, Ibu guruku…
Kau benar-benar seperti ibu kami
Serta beri ilmu yang berguna buat
Kami untuk selamanya

Kami sadar bahwa kami bukanlah muridmu yang sempurna
Tiap hari buat kesalahan yang menguji kesabaranmu
Namun, tak pernah engkau kehilangan rasa sabarmu
Tak pernah kau limpahkan kekesalan yang terlalu dalam untuk kami
           
Kau korbankan waktumu untuk mengajar kami
Tak pedulikan rasa lelahmu, selalu kau dekat kami
Terimakasih ibu guruku

*Puisi ini untuk semua guru, tapi spesial untuk guru yang mengajar di jurusan busana




                                                                                      Esther Widyastuti
                                                                                     XI Busana Butik 1

1 komentar: