Kamis, 19 Januari 2012

Pendaftaran S3 Ilmu Pendidikan Bahasa

TELAH DIBUKA
PROGRAM DOKTOR (S3)
ILMU PENDIDIKAN BAHASA
PROGRAM PASCASARJANA, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
LATAR BELAKANG
Pendidikan Bahasa masih dianggap sebagai bidang ilmu yang kurang penting di antara ilmu-ilmu yang lain. Masih kurangnya perhatian terhadap peran dan fungsi bahasa sangat dipengaruhi oleh pendidikan dan kebijakan bahasa. Menyadari hal itu Program Pascasarjana UNY membuka Program Doktor Ilmu Pendidian Bahasa.
VISI, MISI, TUJUAN DAN MANFAAT

Visi
Terwujudnya Program Studi sebagai Pusat Unggulan yang mampu menghasilkan pengembang ilmu pendidikan bahasa yang profesional, bertakwa, mandiri, dan cendekia.
Misi
Misi penyelenggaraan Program Doktor, Program Studi Ilmu Pendidikan Bahasa PPs UNY ini adalah:
(1)       menyiapkan tenaga ahli dalam bidang pendidikan bahasa yang menjunjung tinggi nilai keagamaan dan kemanusiaan;
(2)       menyiapkan tenaga peneliti dan pengembang dalam bidang pendidikan bahasa yang memiliki kesadaran akan fungsi bahasa dalam mencerdaskan  kehidupan bangsa Indonesia;
(3)       menyiapkan tenaga ahli yang mampu menghasilkan dan mengimplementasikan teori-teori pendidikan bahasa yang efektif untuk meningkatkan kualitas penggunaan bahasa nasional, bahasa daerah, atau bahasa asing; dan
(4)       menghasilkan temuan-temuan ilmiah yang dapat mendorong perkembangan keilmuan dalam bidang pendidikan bahasa.

Tujuan
Tujuan penyelenggaraan program studi ini adalah untuk (1) menghasilkan lulusan yang bermutu, yang memiliki kemampuan meneliti dan mengembangkan konsep-konsep baru dalam bidang kebijakan dan pengelolaan  pendidikan bahasa nasional, bahasa daerah, atau bahasa asing, serta mampu mengimplementasikannya secara profesional dalam berbagai lembaga pendidikan tingkat lokal, nasional, regional, atau internasional; (2) meningkatkan perkembangan ilmu pendidikan bahasa.
Manfaat
Program studi ini bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli bergelar doktor dalam bidang pendidikan bahasa, yang sangat dibutuhkan oleh perguruan-perguruan tinggi penyelenggara program S1, S2, dan S3 yang memiliki program studi bahasa Indonesia, bahasa daerah, atau bahasa asing (Inggris, Jerman, Perancis, dsb), serta lembaga-lembaga yang relevan. Pada saat ini jumlah tenaga dosen bergelar doktor baru dalam Ilmu Bahasa sekitar 10-15% dari jumlah dosen. Padahal kebutuhan tingkat nasional minimal 30% dosen bergelar doktor, sedang standar universitas kelas dunia minimal 50%.

KEKHASAN

Program S3 Program Studi Ilmu Pendidikan Bahasa Universitas Negeri Yogyakarta memiliki tiga konsentrasi, yaitu: Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Daerah, dan Pendidikan Bahasa Asing. Common ground pendidikan bahasa pada program ini memberikan wawasan yang luas dan mendasar bagi ahli di bidang Pendidikan Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah, dan Bahasa Asing.

PENDAFTARAN

Pendaftaran mulai dibuka sejak November 2011 hingga  28 Desember 2011
Tes seleksi dilaksanakan pada 31 Desember 2011
Pendaftaran bisa dilakukan secara online.

Syarat-syarat  dan ketentuan pendaftaran bisa dilihat di http://pps.uny.ac.id/index.php?pilih=hal&id=13

Informasi:
Program Pascasarjana UNY
Kampus Karangmalang , Yogyakarta 55281

Telepon            : 0274-550836/550835
Fax                   : 0274-520326
Email               : kerjasama_pasca@yahoo.com
Website            : http://pps.uny.ac.id

1 komentar:

  1. Water Hack Burns 2 lb of Fat OVERNIGHT

    Well over 160 thousand women and men are losing weight with a easy and SECRET "liquid hack" to lose 2 lbs every night in their sleep.

    It is simple and works on everybody.

    This is how to do it yourself:

    1) Go grab a clear glass and fill it up with water half full

    2) Now do this amazing hack

    and be 2 lbs thinner when you wake up!

    BalasHapus