Rabu, 18 Januari 2012

Contoh Abstrak Skripsi


KEEFEKTIFAN “STRATEGI OMAGGIO” DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK CERITA RAKYAT KELAS X MAN PANGEAN
KABUPATEN KUANTAN SINGINGI PROVINSI RIAU

Oleh Tasliati
NIM 07201241004

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menyimak cerita rakyat siswa kelas X MAN Pangean dengan “strategi Omaggio” dan pembelajaran tanpa “stategi Omaggio” dan membuktikan keefektifan “strategi Omaggio” dalam pembelajaran menyimak cerita rakyat di kelas X MAN Pangean, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini berupa eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Pangean, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Penentuan sampel dengan teknik simple random sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas terdiri atas 37 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, yaitu pretest dan posttest. Validitas yang digunakan adalah korelasi pearson yang menujukkan instrumen tersebut valid. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yang menunjukkan indeks reliabilitas 0,893 untuk instrumen pretest dan 0,896 untuk instrumen posttest yang berarti keduanya reliabel. Sebelum dilakukan analis data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas yang menunjukkan bahwa skor pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji –t.
Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan menyimak cerita rakyat siswa kelas X MAN Pangean dengan “strategi Omaggio” dan pembelajaran tanpa “stategi Omaggio”. Perbedaan tersebut ditunjukkan oleh hasil uji –t yang dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 17. Uji –t skor posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol  menunjukkan –t hitung 3,45 dengan db=72 dan nilai p 0,001 (p < 0,05). Sementara hasil uji –t skor pretest dan posttest kelompok eksperimen menunjukkan –t hitung 5,047 dengan db=72 dan nilai p 0,00 (p < 0,05) yang membuktikan bahwa pembelajaran dengan “strategi Omaggio” lebih efektif dibandingkan pembelajaran tanpa “stretegi Omaggio”



Kata kunci: keefektifan, “stretegi Omaggio”, kemampuan menyimak cerita rakyat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar