PPS UNY menawarkan 14 prodi yang terdiri
dari 11 prodi berjenjang S2 dan 3 prodi berjenjang S3. Hampir seluruh
prodi yang ada terkait dengan bidang pendidikan. Hal ini menunjukkan
kepedulian PPS UNY dalam bidang pendidikan. Dari 14 prodi tersebut,
prodi S2 MP, PLS, PIPS, PTK, dan Prodi S3 PEP dan PTK telah mendapatkan
akreditasi A (Unggul).
PRODI BERJENJANG S3
1. Penelitian dan Evaluasi Pendidikan* (PEP)
Lulusan Prodi ini diarahkan untuk dapat memiliki Kompetensi dalam pengembangan dan penerapan metodologi asesmen, evaluasi dan penelitian pendidikan.
2. Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (PTK)
Kurikulum prodi ini dirancang agar dapat menghasilkan luluan yang kompeten dalam mengembangkan pendidikan teknologi dan kejuruan, vokasi dan profesi yang berwawasan global.
3. Ilmu Pendidikan (IP)
Lulusan prodi ini dirancang untuk memiliki kompetensi dalam berbagai teori pendidikan guna melakukan analisis kritis terhadap kebijakan pendidikan dan persekolahan.
4. Manajemen Pendidikan (MP)
Lulusan
prodi ini akan menghasilkan sarjana paripurna yang memiliki integritas
dan kemampuan yang tinggi dalam menciptakan berbagai gagasan baru, dan
juga menghasilkan peneliti yang profesional dan andal dalam memecahkan
berbagai permasalahan sosial. Para lulusan ini bukan saja potensial
sebagai pemasok gagasan dan informasi, konsep, teori, dan metodologi,
tetapi juga mampu berperan aktif dalam pembangunan, terutama sektor
Manajemen Pendidikan.
5. Ilmu Pendidikan Bahasa (IPB )
Penyelenggaraan program studi ini dirancang untuk (1) menghasilkan
lulusan yang bermutu, yang memiliki kemampuan meneliti dan
mengembangkan konsep-konsep baru dalam bidang kebijakan dan
pengelolaan pendidikan bahasa nasional, bahasa daerah, atau bahasa
asing, serta mampu mengimplementasikannya secara profesional dalam
berbagai lembaga pendidikan tingkat lokal, nasional, regional, atau
internasional; dan (2) meningkatkan perkembangan ilmu pendidikan bahasa.
PRODI BERJENJANG S2
1. Penelitian dan Evaluasi Pendidikan* (M. Pd)
Kurikulum prodi ini dirancang untuk
menyiapan magister yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan
metodologi dan melakukan penelitian dan evaluasi berbagai kebijakan
pendidikan, merancang instrumen penelitian dan evaluasi sesuai
kebutuhan, dan melakukan analisis yang sahih menggunakan statistik.
2. Pendidikan Teknologi dan Kejuruan* (M. Pd)
Lulusan prodi ini diharapkan memiliki
kemampuan merancang dan mengelola kurukulum pendidikan teknologi dan
kejuruan yang efektif dalam ranah pengembangan dan pengelolaan diklat
atau kewirausahaan. Pemahaman akan teknologi informasi dan komunikasi
dan pemrograman komputer akan mempertajam kemampuan merancang kurikulum
PTK yang ditekuni.
Interdisipliner:
a. konsentrasi diklat kejuruan
b. Konsentrasi Pendidikan Kewirausahaan
c. Konsentrasi ICT
Monodisipliner:
a. Pendidikan Teknik Mesin
b. Pendidikan Teknik Otomotif
c. Pendidikan Teknik Listrik
d. Pendidikan Teknik Elektronika
e. Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
f. Pendidikan Teknik Informatika
g. Pendidikan Teknik Boga
h. Pendidikan Teknik Busana
3. Manajemen Pendidikan* (M. Pd)
Tujuan utama prodi ini adalah
memproduksi lulusan yang memiliki kompetensi dan profesionalisme dalam
mengelola pendidikan tinggi maupun menengah yang berkualitas. Pemahaman
dan ketrampilan melakukan manajemen strategik, manajemen mutu terpadu,
manajemen kurikulum dan pembelajaran, manajemen berbasis sekolah
merupakan beberapa di antara pengetahuan dan ketrampilan yang digarap
selama perkuliahan.
4. Pendidikan Luar Sekolah (M. Pd)
Prodi ini mengantarkan lulusan agar
memiliki kompetensi untuk mengelola SDM melalui jalur pendidikan luar
sekolah dan pendidikan informal yang efektif. Teori-teori pengembangan
masyarakat, manajemen sumber daya manusia dan pengelolaan pendidikan
luar sekolah merupakan inti dari kurikulum yang ditawarkan.
5. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial* (M. Pd)
Lulusan prodi ini dirancang untuk
memiliki perspektif lokal-global dan untuk benar-benar memahami
interaksi manusia dengan lingkungannya sehingga mampu mengembangkan
kurikulum IPS terpadu yang efektif dalam rangka pengembangan SDM
Indonesia.
6. Linguistik Terapan (M. Hum)
Kurikulum prodi ini dirancang untuk
memproduksi lulusan yang kompeten dalam melakukan berbagai pengkajian
bahasa yang diperlukan dalam pembelajaran bahasa atau penerjemahan.
7. Teknologi Pembelajaran (M.Pd)
Lulusan prodi ini dirancang untuk
memiliki kompetensi dalam pengembangan teknologi pembelajaran dan
pengembangan multimedia pembelajaran berbasis komputer. Pengembangan web
pembelajaran berbasis internet juga diperkenalkan sebagai mata kuliah
pilihan.
8. Pendidikan Sains (M. Pd. Si)
Kurikulum prodi ini dirancang agar
lulusan memiliki kemampuan untuk mengembangkan pembelajaran sains yang
menyenangkan dan efektif. Lulusan juga dibekali dengan ketrampilan
pembelajaran sains yang dicapai melalui praktikum-praktikum. Mulai tahun
Akademik 2010/2011 PPs UNY membuka 4 konsentrasi dalam Prodi Pendidikan
Sains (S2), 4 konsentrasi tersebut adalah:
a. Pendidikan Biologi
b. Pendidikan Fisika
c. Pendidikan Kimia
d. Pendidikan Sains
9. Pendidikan Matematika (M. Pd. Si)
Kurikulum prodi ini dirancang agar
lulusan memiliki kemampuan untuk mengembangkan pembelajaran matematika
yang menyenangkan dan efektif. Lulusan juga dibekali dengan ketrampilan
pembelajaran matematika yang dicapai melalui praktikum-praktikum.
Prodi ini merancang kurikulum untuk
menghasilkan lulusan yang memiliki komitmen yang tinggi pada potensi
olahraga sebagai wahana pengembang prestasi olah raga dan kualitas
manusia Indonesia.
11. Pendidikan Dasar (M. Pd)
Prodi ini merancang kurikulum agar
menghasilkan lulusan yang kompeten dalam mengembangkan kurikulum
pendidikan dasar pada umumnya serta dalam konsentrasi-konsentrasi bahasa
Indonesia, sains, matematika dan IPS.
*) terakreditasi unggul
Sumber : http://pps.uny.ac.id/index.php?pilih=hal&id=6
Sumber : http://pps.uny.ac.id/index.php?pilih=hal&id=6
Tidak ada komentar:
Posting Komentar