KEEFEKTIFAN “STRATEGI
OMAGGIO” DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK CERITA RAKYAT KELAS X MAN PANGEAN
KABUPATEN KUANTAN
SINGINGI PROVINSI RIAU
Oleh Tasliati
NIM 07201241004
ABSTRAK
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menyimak cerita rakyat siswa
kelas X MAN Pangean dengan “strategi Omaggio” dan pembelajaran tanpa “stategi
Omaggio” dan membuktikan keefektifan “strategi Omaggio” dalam pembelajaran
menyimak cerita rakyat di kelas X MAN Pangean, Kabupaten Kuantan Singingi,
Provinsi Riau.
Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini berupa eksperimen semu
(quasi eksperiment) dengan desain nonequivalent control group design.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Pangean, Kabupaten
Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Penentuan sampel dengan teknik simple random sampling. Berdasarkan
teknik tersebut, diperoleh kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2
sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas terdiri atas 37 siswa. Teknik
pengumpulan data dengan menggunakan tes, yaitu pretest dan posttest.
Validitas yang digunakan adalah korelasi pearson
yang menujukkan instrumen tersebut valid. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yang menunjukkan indeks
reliabilitas 0,893 untuk instrumen pretest
dan 0,896 untuk instrumen posttest
yang berarti keduanya reliabel. Sebelum dilakukan analis data, terlebih dahulu
dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas yang menunjukkan bahwa skor pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Teknik analisis data
yang digunakan adalah uji –t.
Hasil penelitian
menunjukkan adanya perbedaan kemampuan menyimak cerita rakyat siswa kelas X MAN
Pangean dengan “strategi Omaggio” dan pembelajaran tanpa “stategi Omaggio”.
Perbedaan tersebut ditunjukkan oleh hasil uji –t yang dilakukan dengan bantuan
komputer program SPSS 17. Uji –t skor posttest
kelompok eksperimen dan kelompok kontrol
menunjukkan –t hitung 3,45 dengan db=72 dan nilai p 0,001 (p < 0,05).
Sementara hasil uji –t skor pretest
dan posttest kelompok eksperimen
menunjukkan –t hitung 5,047 dengan db=72 dan nilai p 0,00 (p < 0,05) yang
membuktikan bahwa pembelajaran dengan “strategi Omaggio” lebih efektif
dibandingkan pembelajaran tanpa “stretegi Omaggio”
Kata kunci: keefektifan,
“stretegi Omaggio”, kemampuan menyimak cerita rakyat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar